Over 100k

Wow, tak terasa 9 bulan sudah saya lewati dengan blog ini. Banyak suka duka yang saya lalui bersama dengan blog ini. Saya tidak tahu apakah dalam jangka 9 bulan ini saya sudah bisa dicap sebagai blogger senior. Tapi saya tetap merasa sebagai blogger junior yang masih harus belajar banyak dari para senior. Tulisan-tulisan saya pun hanyalah sekedar tulisan dari ide yang tiba-tiba terbesit di benak saya, sehingga belum bisa dibilang sebagai tulisan yang bisa dinikmati.

Pada awal-awal blogging, jujur, saya beranggapan bahwa blog stats adalah patokan keberhasilan blog seseorang. Namun, anggapan itu lama kelamaan pudar setelah saya melihat bahwa blog yang ramai dan bisa dibilang sukses adalah mereka yang tulisannya selalu mengundang orang lain untuk memberikan komentar, dan tentu saja bukan komentar berbau SARA. Dengan banyaknya komentar yang masuk, maka blog itu akan “hidup” dan bisa dinikmati banyak orang.

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dan perjalanan blog ini selama 9 bulan.

I. Friends

Saat hari-hari pertama di WordPress Indonesia, saya segera jalan-jalan, atau dalam istilah para blogger, blogwalking mencari kenalan dan teman pertama. Alhasil, saya pun menemukan blog milik para WordPress-er senior seperti Ibu Evy, Pak Fertob, Pak DeKing, Mbak Nenda (saat ini sudah dihapus), Mas Difo a.ka. Bambang a.k.a Kopral Geddoe, Gunawan Rudy a.k.a Shan-in Lee a.k.a Rozenesia, Mas Sora9n, dan Mas Antobilang.

Beberapa bulan sesudahnya, saya berkenalan dengan DeBe, Xaliber von Reginhild, KK Ma, KK Sara a.k.a saRe’, Mee a.k.a Sweetheart Onigiri a.k.a Onigiri Tahu Kentang Kol Bayam Mawar (hah?), Mbak Chiw dan suaminya, Mas Arul, dan masih banyak lagi. Semua alamat teman saya tersebut sudah saya masukkan kedalam blogroll yang terletak di sidebar kanan.

II. Comments

Banyak orang yang memberi tanggapan atas tulisan saya. Baik itu menghujani saya dengan komentar-komentar spam dari para spammer (yang untungnya langsung ditangkap AKI SlaMET) dan menghujat habis-habisan saat saya mengkritik kebiasaan copy-paste dalam dunia blog. Namun tidak semua komentar yang saya terima bernada melecehkan. Masih banyak diantara mereka yang memberi komentar yang wajar.

Saya bahkan pernah menerima komentar yang berbau (maaf) vulgar dan tidak senonoh. Sehingga saya minta maaf kepada mereka yang komentarnya terpaksa saya hapus karena bernada vulgar dan memberikan link ke situs terlarang. Saya hanya ingin menegaskan bahwa blog ini untuk semua umur dan saya akan bertindak tegas jika ditemukan link ke situs perusak akhlak itu. Saya akan mengedit komentar itu jika masih bisa ditolerir, misalnya umpatan, yang hanya akan saya sensor. Tapi tidak menutup kemungkinan akan saya hapus jika sudah tidak bisa ditolerir (lebih dari 3 peringatan). Saya punya kekuasaan penuh di blog ini.

III. Lay-Out

Disini mari kita membahas soal tampilan blog ini. Banyak diantara pengunjung blog ini mengatakan bahwa blog ini jelek dan rumit.

Memang saya akui blog ini memang tidak pantas dianggap keren karena masih banyak yang punya blog lebih keren daripada saya.

Tapi, rumit? Saya kurang mengerti apa yang mereka maksud dengan rumit. Padahal, saya sudah memberikan kolom search di sidebar dan pilihan kategori yang bisa dipilih oleh para pengunjung. Tapi, itupun ternyata masih banyak yang kebingungan saat saya mengatakan sidebar di sebelah kanan dan mereka bilang tidak menemukan apa-apa.

Kemudian saya pun memahami kebingungan mereka. Saya merasa mereka tidak menemui sidebar di kanan yang saya maksud karena melihat blog ini dalam tampilan yang kacau.

Error

Saya minta maaf karena hal itu disebabkan kecerobohan saya dalam memasang gambar tanpa mempedulikan nasib para fakir bendwit. Karena itu saya akan melakukan beberapa penyesuaian agar blog bisa tampak dalam tampilan sempurna.

Perfect

IV. Blog Stats

Kini saatnya saya menginjak ke inti pembahasan kali ini. Seperti yang Anda lihat sendiri, blog ini sudah didatangi lebih dari 100.000 pengunjung. Atau tepatnya 105.575 pengunjung saat saya post tulisan ini. Jumlah yang sangat fenomenal mengingat saya hanyalah seorang pemula di bidang blogging. Saya tidak tahu apa yang mereka cari di blog yang minimalis ini, tapi jelas saya sangat senang dengan jumlah fantastis ini.

Jumlah 100 ribu tersebut kebanyakan datang dari search engine macam Google dan Yahoo!, maupun dari blog teman-teman saya. Mayoritas pengunjung ini datang untuk mencari lirik lagu anime, terutama lirik lagu Naruto. Dan jika mereka bertanya dimana saya mendapatkan lirik lagu-lagu anime tersebut, maka saya jawab bahwa sumbernya sudah saya cantumkan di sidebar.

Tetapi, saya tidak bermaksud sombong dengan jumlah seperti itu. Jumlah itu masih sangat kecil jika dibandingkan dengan para elite blogger macam Pak Priyadi, maupun seleb blog seperti Mas Anang yang hitsnya sudah mencapai jutaan pengunjung. 😉

V.Penutup

Sekian dulu post peringatan 100 ribu pengunjung. Post ini murni bersifat refreshing. Dan sebagai manusia saya juga ingin sesekali bersikap narsis. Jadi saya mohon maaf kepada mereka yang sudah membaca hingga bagian akhir lalu merasa kecewa. Silahkan tekan tombol CTRL+W pada keyboard atau palang merah di pojok browser Anda. :mrgreen:

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain, Live Journal, My Interest. Tandai permalink.

28 Balasan ke Over 100k

  1. cK berkata:

    gapapaaa!! narsis itu harus haha.. 😀

    eh selamat lho pandu, udah sampe 100ribu. eh komentator pertama dapet apa nih? 😀

  2. ohohoho…
    saya baru 4 bulan kurang ngeblog..
    🙂
    hmm.. 9 bulan?
    kalo janin dalam kandungan, bentar lagi bakalan lahir, dong???
    *asyik selametan.. makan2..
    :mrgreen:

  3. koecing berkata:

    Mayoritas pengunjung ini datang untuk mencari lirik lagu anime, terutama lirik lagu Naruto.

    😆

    sptnya naruto bner2 bisa meningkatkan hits blog 😛 teman saya juga ada yg spt itu.. pendapatan harian selalu sekitar 100 pengunjung(bisa lebih, bisa kurang). Padahal ia sudah lama tidak pernah mengupdate blog-nya.. dan klo di cek melalui Search Engine Terms, selalu muncul keyword naruto.. :mrgreen:

  4. celo =3 berkata:

    saya pengunjung keseratus ribu verapa nih…??? komen ke tujuh ribu berapa nih…???

  5. 100 ribu lebih, selamat. :mrgreen:
    Perkembangannya hebat juga ya.

    Kalau di saya keyword yang sering cuma ‘deathlock’ dan ‘stratifikasi sosial’ aja. 😛

  6. Hoek Soegirang berkata:

    cieee..
    9 bulan negh? asek dunk? dunk? dunk? be te we, ferasaan kmaren dolo lay-out blog ini ndak rumid-rumidh sangadh lho? eniwei, slamadh yah!!!

  7. rozenesia berkata:

    Saya bukan seniorrr!!! 👿
    Saya nyubiiiiiiiiiiiii!! 👿

  8. deteksi berkata:

    wah hebat tenan kamu nak..
    teruslah berjuang. jangan lupa membawa bambu runcing!
    wekekeke… *salaman, kenalan*

    @cK
    kalo kamu mah kelewat narsis non 😀
    salam kenal ya cK:D

  9. obit0 berkata:

    musti panggil senpai dong? wehehehehe.. congratz

  10. p4ndu_454kura berkata:

    @ cK
    Emm… dapet ciuman mesra. :mrgreen:
    *dilempar bakiak*
    @ morishige_pulang_fieldtrip
    *siap-siap bersalin*
    @ koecing
    Iya.
    Soalnya kan Naruto lagi booming di Indonesia gara-gara sekarang udah nyampe yang Season 3 dan konon akan dilanjutkan ke Season 4. 🙂
    @ celo =3
    Umm… pengunjung ke seratus sekian dan komentar ke-7744
    @ Xaliber von Reginhild
    Saya sendiri kaget kenapa bisa sebanyak ini.

    Kalau di saya keyword yang sering cuma ‘deathlock’ dan ’stratifikasi sosial’ aja. 😛

    Yah, tapi lebih mudah dicari kan? 😉
    Yang pakai nickname Xaliber sedikit. Sedangkan kalau lirik Naruto saya harus bersaing dengan situs-situs lainnya yang sama-sama menyediakan liriknya.
    @ Hoek Soegirang
    Itu karena koneksi ente lagi lancar. Jadi ente belum fernah (dan semoga nggak akan fernah) melihat blog saia dalam tampilan hancur bin lebur. :mrgreen:
    @ rozenesia
    Lha, tapi kan udah aktif sejak 2006. 😉
    @ deteksi
    Makasih mas.
    *balas salaman*
    @ obit0
    Ohoho… 😎

  11. chiw males login berkata:

    anak kecilyang baru tau artinya ML…belajar sanah! biar berhasil, nggak kayak si joe, anto, lutepi, deteksi, atau blogger2 lain yang ndak lulus2…

    :mrgreen:

    *ngumpet di kulkas*

  12. .:deT:. berkata:

    @chiw
    deteksi sopo chiw? aku tah? ngawur ajah!!! aku sudah wisuda sejak 2001 saudariku!!! sejak kamu masih di dalam kandungan!!! wekekekeke….

    *buka pintu kulkas, nemu chiw udah rigor mortis, mati kedinginan!*

  13. rozenesia berkata:

    2006 kepalamu… 😕

    coretangunawan dibuat sejak awal 2007, dan baru resmi dibuka pada April 2007…

  14. sarah berkata:

    *ngakak baca komen ditas* hahaha…

  15. aRuL berkata:

    Selamat bro…. 🙂

  16. santy berkata:

    eeeeehh….banyak amat, lengkap dari bulan ke satu ampe bulan ke sembilan… nyama-nyamain tanteku yang kemaren baru ngelahirin adek baru, kekekekekekekekek… :D,,betewe,, narsis is the be(a)st!!! heuheuheuuheu 😛

  17. peyek berkata:

    Selamat… sekarang sudah jadi blogger sukses

  18. dimasu berkata:

    yoroshiku ne ^^

  19. andi bagus berkata:

    kereenn..udh 9 bln, makan2 yach ? :p

  20. Halah, saya sendiri baru setengahnya. Maklum, tulisan saya dengan gaya orang tua, nggak suka pasang lirik… 😆

  21. -rEi_chaN- berkata:

    100 ribu apanya?
    kok aku ga mudeng ya?

    sidebar tu apaan sih?

  22. aRuL berkata:

    lagi mencari tanggal lahir di blogku nih, soalnya lupa 😀
    yang sudah saya lakuin juga udah peringatan komentar ke 1000 di blogku..

  23. caplang™ berkata:

    hebat udah sampe kunjungan ke 100ribu

  24. Ping balik: Anggapan Keliru Mengenai Jerman Nazi « Deathlock

  25. Pandu (Ga Login) berkata:

    @ rozenesia
    *ngumpet di semak-semak*
    @ aRuL
    Makasih. 🙂
    @ santy
    [baby mode=”on”]
    Oeek… oooeeekk…
    Huek! (Lha?)
    [baby mode=”off”]
    @ peyek
    Nggak. Saya belum sukses selama belum bisa membuat tulisan yang menarik perhatian banyak pengunjung blog ini.
    @ dimasu
    Yoroshiku ne. 🙂
    *ojigi*
    @ andi bagus
    Wah, kantong lagi kering nih. Ga bisa nraktir. 😛
    @ DeBe
    Saya malah ga bisa buat tulisan gaya orang tua. 😆
    BTW, saya masang lirik lagu cuman bertujuan untuk berbagi dengan sesama kok. 😉
    @ -rEi_chaN-
    100 ribu pengunjung, nak. 🙂

    sidebar tu apaan sih?

    Sidebar itu kolom yang terletak di bagian samping suatu blog. 🙂
    BTW, Sudah liat gambar di sub pembahasan Lay Out belum?
    @ caplang™
    Kebetulan… cuma kebetulan… :mrgreen:

  26. adeksetiawati berkata:

    wah..mas pandu huebat ya
    sulamat..sulamat…100.000 pengunjung berarti ada selamatan, kalo ada selamatan berarti???

    makan..makaaan… :mrgreen:

Tinggalkan komentar