Hasil Blogfest 2007: Antara Blog Juara I dan Blog Berharap2 Juara

Minggu malam 13 Mei yang lalu adalah hari yang sangat bersejarah (kalau bisa dibilang bersejarah) buat blog ini. Sebab, dua hari sebelumnya blog ini kuikutkan dalam lomba blog antar SMA dan SMK se-Surabaya, Blogfest 2007, yang diadakan dalam rangka Campus Expo di Supermal PTC Surabaya, dan malam itu adalah waktu pengumuman pemenang

Tadinya, dalam skenario penentuan juara akan diadakan presentasi finalis mulai pukul 17.00. Akan tetapi, entah kenapa, acara presentasi tersebut dibatalkan. Ketika aku sampai di tempat lomba beberapa menit sebelum pengumuman finalis pada pukul 17.00, ternyata di layar yang tergantung di dinding sudah terpampang nama-nama peserta yang menjadi juara I-III dan juara harapan I-III. Dengan hati berdebar aku memberanikan diri untuk menatapnya…… (genderang mulai ditabuh)



Aku berhasil masuk dalam jajaran juara! Tapi, eh, tunggu dulu. Aku cuma masuk sebagai juara harapan II, yang hanya berhak mendapatkan hadiah trofi, T-shirt, tas cangklong, dan gantungan handphone (hapenya masih dipinjam panitia, haha….)

Blogfest Winner

Dari kiri ke kanan: Mbak Panitia, Aku, Dewi Arimbi, Andhika Kurniawanto, Mas Nuansa

Senang dan nggak senang sih! Senangnya, biar cuma harapan, aku masuk jajaran juara. Apalagi kalau mengingat aku belum genap dua bulan mengenal blog, dan murni belajar sendiri dari ngintip dan meniru-niru blog teman-teman wordpresser lainnya.

Tidak senangnya…. biar bagaimana aku ingin jadi juara dong! Karena kalau juara (asli) ada hadiah uangnya. Juara I Rp 500 ribu, juara II Rp 350 ribu, juara III Rp 250 ribu. Lumayan buat nonton Spiderman 3 kan?

Sebagai “the loser”, sudah pasti aku penasaran. Maka aku pun bertanya kepada mbak panitia yang cantik, “Memangnya apa sih Mbak keunggulan blog juara I itu?” Jawabnya, “Popularitasnya, yang diukur dari banyaknya komentar dan testimoni yang masuk.” Oh ya? Tanyaku dalam hati sambil berkerut kening. Kalau soal komentar sih, haqqul yakin aku paling juara dibanding peserta lain. Karena sahabat-sahabatku para wordpresser rajin sekali berkomentar di blog ini kan? Satu artikel saja banyak komentar, lha kalau dikalikan jumlah artikel di blog ini yang 75?

Sedang komentar di artikel-artikel blog juara NOL semua. Yang ada hanya di shoutbox, yang jumlahnya hanya tigabelas, itu pun yang ketiga belas (astaga, celaka tigabelas!) adalah komentarku sendiri sebelum blog itu dinilai!

O ya, omong-omong soal popularitas, Google sudah mengakui popularitas blog ini lho, buktinya sudah diberi page rank 3. Blog juara lainnya? No page rank information available.

Terus yang lainnya?

“Contentnya,” jawab mas panitia yang ganteng, Mas Nuansa. Content? Jumlahnya apa kualitasnya? Soal jumlah aku haqqul yakin juara juga. Total artikel blogku 75, sedang total artikel dia hanya 12. “Kualitasnya,” jawabnya. Kualitas? Apalah arti “kualitas”, kalau setelah aku cek di Google, ternyata seluruh artikel si juara 1 (dan juara-juara lainnya) hasil copy-paste saja? Tidak menyebut sumbernya lagi 😦 Masih mending aku dong, walau sebagian memang copy-paste (lirik lagu), lainnya masih bikinan sendiri, at least ada usaha menterjemahkan (artikel Suikoden).

“Apa jumlah pengunjung menjadi penilaian juga Mas?” Hmm… aku masih belum terima.
“Iya,” jawabnya. “Lha ini apa?” Aku menunjukkan blog stats-ku, yang menunjukkan jumlah pengunjung blogku (waktu itu) 50 kali lipat dibanding jumlah pengunjung blog juara 1.

Akhirnya Mas Nuansa hanya menjawab, “Wah, maaf ya, itu keputusan dewan juri, saya di sini hanya panitia saja.”

Sayangnya penilaian hanya dilakukan secara online, dewan juri tidak hadir pada saat pengumuman, jadi tidak bisa menjelaskan apa saja yang menjadi kriteria penilaian dan tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas keputusannya. Tapi menurut panitia pendaftaran, yang dinilai adalah content, navigasi, dan link/popularitas. Aku pikir dalam ketiga hal itu blogku tidak kalah. Tapi kalau soal “dandanan” dinilai, memang aku mengaku kalah. Dia blog cewek sih. Bloggernya cewek, tema blog tentang cewek, so pastilah dandan pakai bedak, lipstick, bando, de el el….

Mungkin “dosaku” adalah karena aku menggunakan WordPress! Peserta lain seluruhnya memakai Blogspot, kecuali satu yang host di Geocities. Sebagai satu-satunya peserta pengguna WordPress, template blogku tampil “bubrah” di Internet Explorer, padahal browser itulah yang dipakai panitia untuk menilai blog peserta. Nggak nyangka juga, habis sehari-harinya aku pakai Firefox 😦

Oke, hal ini menjadi pelajaran berharga bagiku. Aku akan belajar terus, juga dari blog para juara, yang kesemuanya (kecuali aku satu-satunya) adalah siswa SMA 11 Surabaya. Hah? Jangan-jangan seluruh pesertanya (kecuali aku!) memang dari SMA 11? Kayaknya sih! Uhm… kok bisa ya?

Well, anyway selamat untuk semua juara. Anyway aku senang dengan “kekalahanku” kemenanganku, yang aku yakin akan lebih memacu semangatku untuk belajar. Itu semua bisa terjadi berkat Anda semua yang rajin berkunjung ke blog ini dan memberikan dukungan dalam berbagai bentuk. Makasih yaaa… 🙂

Berikut adalah urutan link para pemenang:
Juara I: http://eblinsophiga.blogspot.com/
Juara II: http://larismanis.blogspot.com/
Juara III: http://rushvirtualsites.blogspot.com/
Juara Harapan I: http://dewiarimbi1990.blogspot.com/
Juara Harapan II: https://p4ndu3121990.wordpress.com/
Juara Harapan III: http://aloteyo.blogspot.com/

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain, My Thoughts. Tandai permalink.

135 Balasan ke Hasil Blogfest 2007: Antara Blog Juara I dan Blog Berharap2 Juara

  1. reinata berkata:

    Itu tho yang namanya mas Pandu Gilas Anarkhi !!!
    Dapet 500 ribu ? dikit banget !
    tapi lumayan lah ! bisa bli sepatu converse…

    kok di pertamax ada yang marah2 sih ? meso2 lagi !
    Halloooo….mas ndu punya HAM,terserah dia kan mau berpendapat kayak apa !Halah percuma aku marah2, wong orangnya kesini cuma sekali.Itu pun cuma marah2 !

    Aku juga mau ikutan acara kayak gitu ah ! Tapi kalo disuruh presentasi didepan penonton, males banget

  2. Ai_Mori berkata:

    Waaa….keren..
    ngomong-ngomong….aku punya temen(FourIdiotChild):
    Aku(cewek),nama membernya=Jerk(jari kelingking)
    Ketuanya(cowok),nama membernya=Vandal(jari tengah)
    Seorang Cewek Negro(cewek),nama membernya=Loser(jari manis)
    Lelaki yg Suka Temari(cowok),nama membernya=B*tch(jari telunjuk)

    Intinya…jadi seorang Loser tidak memalukan…yg paling memalukan adalah seorang SAMPAH..
    Chayo~!Pandu!Pandu!nggak usah malu jadi Loser!Berbahagialah,berbahagialah!

  3. p4ndu_454kura berkata:

    @ reinata
    Weleh, saya ga jadi menang, kok.
    @ Ai_Mori
    😀

  4. ITS Poenya berkata:

    Seorang Juara Gak Akan Mengeluh Dengan Apa yang TElah Di HasilKan Nya, Mental Seorang Juara Tak Pernah PudaR WaloPun Banyak Rintangan Sekalipun, Kalo Kamu Hanya ikut Perlombaan Cuma SaTu Kali(Mungkin!!) dan the looser tu memang Nasibmu, Maaf Sebelumnya…Bukannya Sombong..tapi buat memotivasi kamu…
    q yang juara dalam event2 berbau Web design, layout web design, dreamweaver web contest, juga pernah kalah, pernah di-diskriminatif-kan aja gak ngeluh2 amat!!Tunjukin Aja Aksimu!!!

    MANA EKSPRESINYA!!!!!Wakakakakak….

  5. firstday berkata:

    congratulation…

  6. dewiarimbi berkata:

    ehm… ehm,,, btw aku nih gak copy paste tuh…
    toh, gak semua yang kamu bilang itu benar. mohon perhatiannya.

  7. p4ndu_454kura® berkata:

    @ ITS Poenya
    Ini bukan masalah menang/kalah, mas/mbak, tapi masalah hak cipta dan keorisinalitas.

    @ firstday
    Terima kasih…

    @ dewiarimbi
    Lha, saya nggak bilang kamu kopas, kan? 😕

  8. aul.monkey berkata:

    pandu:

    P=pembuat mangkel 😀
    A=anarki (sesuai namanya)
    N=nyambung ntah kemana-mana
    D=di-enyek2 ama ucup+uya+jabrk+etc
    U=Untung ada headset 😛

    Sekilas tentang pandu

  9. Ping balik: Saya dan Internet: From Zero to Blogger | Extension of My Life

  10. Anton Leonard Sihombing berkata:

    mas, maaf kalo bole tanya ya…..saya yang punya blog http://aloteyo.blogspot.com/
    mungkin sekarang uda terlambat ya….tapi misalkan saya ambil sekarang hadiahnya…kira-kira bisa diambil di mana ya? maaf sebelumnya baru sekarang ku konfirmasi…mohon maaf sekali lagi…terima kasih..

  11. Reinhart berkata:

    wah, kurang tau juga kalau mau klaim hadiahnya sekarang, soalnya udah hampir 4 tahun sih… Mungkin bisa coba hubungi mas Nuansa Jala Persada sbg panitia saat itu via Facebook buat tanya-tanya

  12. Ping balik: Kilas Balik Peniti: Edisi KampBlog Smaxi | Peniti

  13. Ping balik: Sejarah Berdirinya Komunitas Peniti | Peniti

  14. mantaps. bloger berprestasi 😀

Tinggalkan komentar