Solar Storm? Apa itu?

Hari Kamis kemarin, sepulang dari sekolah saya langsung makan sambil menonton program dokumenter favorit saya di MetroTV. Tidak seperti biasanya, kali ini program tersebut tidak memuat tentang bencana “bumi”. Program kali ini berjudul Perfect Disaster dan menampilkan tentang bencana “galaksi”, yaitu tentang sebuah badai matahari atau yang bahasa kerennya disebut dengan “Solar Storm”.

Menurut sebuah lembaga pendidikan di Montana, AS, Solar Storm adalah gejala terlemparnya proton dan elektron matahari, dan memiliki kecepatan yang setara dengan kecepatan cahaya. Kecepatan itu dihasilkan oleh sinar X yang melepaskan radiasi ke luar angkasa. Selain itu, matahari juga melepaskan jutaan ton kabut plasma yang memiliki medan magnet sendiri. Dengan kecepatan sekitar 1 juta mph atau sekitar 1.852 kmh, maka CME (Coronal Mass Ejection) tadi bisa sampai ke bumi hanya dalam waktu beberapa hari. CME bisa menghantam medan magnet bumi layaknya sebuah palu godam, dan memiliki radius 1.852 kilometer.

Sedangkan menurut Wikipedia, gelombang magnetik tadi disebabkan oleh gelombang kejut matahari (Solar Wind shock wave) dan biasanya menyerang medan magnet bumi sekitar 24 hingga 36 jam setelah terjadi gelombang. Itu merupakan kecepatan yang luar biasa, karena jarak antara matahari dan bumi kurang lebih 150 juta km. Akan tetapi hal ini terjadi hanya jika gelombang tersebut tepat mengarah ke bumi.

Tekanan gelombang kejut pada magnetosfir bumi bisa meningkat maupun menurun tergantung pada aktifitas matahari, dan bisa mengacaukan ionosfer. Gelombang ini biasanya berlangsung sekitar 24 sampai 48 jam, tapi bisa juga berlangsung selama berhari-hari.

Gambar Solar Storm menabrak magnetosfir bumi.

Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ada perubahan cuaca di luar angkasa adalah munculnya aurora di wilayah kutub utara. Hal ini diakibatkan oleh pergesekan proton dan elektron yang menabrak bumi, mengalir cepat pada lintasan medan magnet yang tipis dan bertemu dengan wilayah kutub bumi.

Wisconsin AuroraAurora di Wisconsin, 22 Oktober 2003.

Solar Storm bisa mengakibatkan komunikasi antara bumi dengan satelit menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena gelombang magnetik yang menghantam bumi menghalangi sinyal-sinyal komunikasi. Jika sudah demikian, maka telepon, handphone, maupun alat komunikasi pada kapal, pesawat, hingga GPS (Global Positioning System) tidak bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, para astronot yang berada di luar angkasa pada saat itu bisa terpanggang habis dalam hitungan detik jika tidak segera menemukan tempat berlindung yang benar-benar aman dari serangan badai.

Pembangkit listrik juga bisa mengalami kerusakan jika terus dinyalakan pada saat badai berlangsung. Hal ini disebabkan oleh medan magnet bumi yang tidak stabil pada saat badai berlangsung. Dan kalau sudah rusak, maka butuh waktu sekitar 2 tahun untuk membangunnya kembali. Hal ini memaksa masyarakat untuk kembali hidup tanpa listrik hingga pembangkit listrik baru selesai dibangun.

Solar Storm merupakan gejala alam yang wajar dan akan berlangsung secara terus menerus. Matahari masih akan terus menghasilkan puluhan Solar Storm hingga akhir hayatnya. Dan di akhir program tadi, Solar Storm berikutnya diperkirakan akan datang sekitar tahun 2011.

Sumber gambar:
Magnetosfir diambil dari Wikipedia.
Aurora diambil dari situs resmi NASA.

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di My Interest. Tandai permalink.

85 Balasan ke Solar Storm? Apa itu?

  1. nirwan berkata:

    solar strom itu peristiwa yang terjadi secara periodik / siklus tiap perioda. Contoh solar strom dengan skala kecil di sebut dengan solar wind. Hal itu yang mengakibatkan adanya Aurora di daerah kutub.
    Sebagai informasi: di kanada beberapa tahun yang lalu pernah terkena dampak dari solar wind, yang mengkibatkan listrik mati dikota itu selama beberapa minggu! tapi hal itu terjadi di daerah yang dekat dengan daerah kutub magnet bumi. jadi di negara lain tidak mengalami kerusakan.
    bisa kita bayangkan apabila dengan skala yang maha besar!! yang disebut dengan solar strom? didaerah yang paling jauh dari kutub aja kena, contohnya negara kita.

    Jadi peristiwa tersebut akan terjadi. yah seperti gerhana bulan, gerhana matahari itu terjadi secara periodik. cuman kalo solar strom terjadinya mungkin dalam siklus ribuan tahun (saya belum tau jelas ). jadi apabila sudah terjadi pada jaman dulu, kan belum ada listrik, apalagi HP dll, so ga ngaruh!

    GIMANA KALO GAK ADA LISTRIK, SSTEM NAVIGASI & INFORMASI ??:
    Ini akan sangat mengerikan..!!! bagi orang yang sangat bergantung pada listrik. jangan gak ada listrik, ga ada sistem informasi aja dampaknya akan sangat mengerikan bila terjadi sangat mendadak tanpa ada persiapan.

    ga ada informasi gak ada TV, Radio, telepon , internet dll

    sekarang gimana kita bisa berkoordinasi bila tidak ada informasi?
    ekonomi, keamanan, dll ; contoh pada keamanan–>
    apa bila ada kejahatan gimana kita bisa hubungi polisi, apabila ada huruhara gimana polisi bisa berkoordinasi!

    contoh pada ekonomi–>
    ya sudah jelas uang tidak berarti..! perbankan bingung ya.. ATM msisalnya harus ada informasi; tau dari mana orang itu punya uang di bank bila gak ada informasi ATM kan pake sistem informasi Internet!

    kalo yang lain contohnya:
    ga ada informasi gak ada TV, Radio, telepon , internet dll otomatis artis-artis ngangur (gak bsa liat gosip), dan yang paling bahaya adalah dibidang kesehatan coba pikirkan!!

    SEKARANG KALO GAK ADA LISTRIK :

    YAH SUDAH HANCUR LAH KITA…!!

    gak ada transportasi, untuk dapet makan darimana? dapetin obat2an darimana, dan kebutuhan pokok lainnya dari mana! pabrik obat berhenti..! dan kayak nya wabah penyaikit dimana2 ( kolera, dan wabah lainya).

    Uang sudah pasti tidak berguna, berarti kejahatan merajalela untuk perut masing2. terus lagi tidak ada informasi .. mampus deh lho pada……. gua juga!!

    perubahan mendadak dikit aja bisa terjadi huru-hara contoh pada perubahan politik, reformasi di indonesia . apa lagi perubahan yang besar seperti ini!!??

    Nirwan, mahasiswa fisika biasa!

  2. Atari Raina berkata:

    Untung Indonesia terbiasa mati lampu, PLN-na kedap-kedip tiap bulan, he…he…he…

  3. Hendra Wiratama berkata:

    Ada ga pengaruh terhadap panas yang berlebihan yang akan menghatam bumi????
    Kan matahari terdiri dari helium dan hidrogen dalam jumlah yang sangat besar………

    Yang ledakannya akan sampai ke planet mars…

    Adakah efek panas yang belebih yang dapat mengancam keberadaan kita selama beberapa hari?????

    Kalo ya,, adakah efek lanjut selain gangguan medan listrik

  4. @ Hendra Wiratama

    Ada ga pengaruh terhadap panas yang berlebihan yang akan menghatam bumi????
    Kan matahari terdiri dari helium dan hidrogen dalam jumlah yang sangat besar………

    Setahu saya, Solar Storm hanya memancarkan proton dan elektronnya saja. Bukan zat-zat penyusunnya. Jadi tidak ada dampak terhadap peningkatan suhu secara drastis.

    Adakah efek panas yang belebih yang dapat mengancam keberadaan kita selama beberapa hari?????

    Hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan hal itu. Jadi tenang saja.

    Kalo ya,, adakah efek lanjut selain gangguan medan listrik

    Sedikit koreksi, bukan medan listrik, tapi medan magnet. Karena proton dan elektron matahari bersinggungan dengan wilayah kutub bumi.

    Efek lainnya mungkin hanya gangguan dan kerusakan beberapa peralatan elektronik. Namun selain itu belum ada bukti nyata.

  5. ShiningSky berkata:

    punahnya dinosaurus,bopak2nya planet mars ama bulan jangan karna dulu ada yang lebih parah dari solar strom ampe meteor2 terlempar

    yang gw takutin solar strom 2012 lebih parah dari yg diperkirakan ilmuwan2,,,,,,maaf gara2 keseringan nonton film fiksi ilmiah

  6. bubun berkata:

    segeraaa tobattt!!!!!!!!!!!
    kiamat sudah dekat

  7. Agus Rahmat berkata:

    badai matahari tingal menghitung hari, jadi yang belum kawin cepet2 kawin n’tar keburu mati gak dapet ngerasain hehehe…

  8. eNgga berkata:

    senang sekali ada solar strom mudahan di percepat biar orang2 di bumi ini bertambah sombong sekalian aja armagadon kita tetap bersukur atas dosa kita perbuat semua manusia di bumi ini kotor ;;;;; sekarang komen saya di agap gila tapi next pasti jadi patokan hidup,

  9. eNgga berkata:

    kekotoran di dunia memang patut di musnahkan dengan solar strom syukuri lah kamu2 yang selalu sembahyang di tempat suci padahal ngak tau apa2 termasuk pemuka agama di dunia musnah kanlah semua biar tau rasa…………………..

  10. @ eNgga
    Anda juga ikut musnah, lho. Mau?

  11. SanpainT berkata:

    Jika solar strom yang sangat dahsyat terjadi dan menimpa bumi, apakah semua kehidupan di bumi akan berakhir?????

  12. SanpainT berkata:

    mungkin TUHAN telah bosan melihat prilaku manusia saat ini, jadi beliau ingin memusnahkan seluruh manusia secara bersaman melalui solar storm ini

  13. Satu yang jadi pertanyaan saya: Kalau itu memang kehendak Tuhan, seperti kata Anda, kenapa bisa bocor ke manusia? Katanya masalah kiamat itu hanya Tuhan yang tahu?

  14. dhe berkata:

    SanpainT Agustus 28, 2009 pukul 6:42 pm

    “mungkin TUHAN telah bosan melihat prilaku manusia saat ini, jadi beliau ingin memusnahkan seluruh manusia secara bersaman melalui solar storm ini”

    @SanpainT : “BOSAN” adalah sifat yang ada pada makhluk2 ciptaan-Nya (dalam hal ini khususnya manusia). Dan itu tidak mungkin ada pada Tuhan (dalam hal ini adalah Allah, karena saya muslim)`. Jadi tolong hati2 kalo berargumen! Bisa2 itu perbuatan syirik.

    Terima kasih

  15. Fierman berkata:

    Intix ibadah, ibadah dan ibadah karna bekal itulah yg akan menolong kt d’akhirat nanti

  16. ferdi berkata:

    itulah yang saya tunggu2 selama ini! dengan rusaknya semua alat listrik, kita bisa buat semua pembangkit baru! mulai mengembangkan solar panel,turbin bawah air,kincir angin,fusi nuklir(tapi ini mungkin masih susah). dan utamakan BELAJAR,curi2 informasi

  17. dodo berkata:

    dan itulah kenapa agama mengajarkan carilah ilmu hingga ke negeri cina (cari ilmu sebanyak mungkin)…

    btw, ada kemungkinan gak ya gaya magnet bumi ikut terpengarhu sehingga kestabilan kutub dan orbit bumi bergeser atau berpindah? setahu saya, bumi sendiri memliki gaya yang cukup besar. jika dua gaya yang sangat besar bersentuhan, akan memunculkan gaya lain yang gak kalah besar pula….

  18. dodo berkata:

    anyway, badai matahari sepertinya juga membawa panas. contoh ketika badai matahari terjadi 2003 lalu, sekitar pertengah tahun. yang termasuk dalam siklus summer. tercatat 35.000 orang tewas di eropa karena hawa panas…

  19. dodol berkata:

    mungkin nanti senjata2 terinduksi medan magnet jadi pada macet trus mujahidin berperang kembali menggunakan pedang dan tombak dan runtuhlah kesombongan AS dan antek2nya(sori menghayal tinggi terlalu sering baca armagedon)…yg jelas kalo listrik mati dirumah saya gak bisa naekin air soalnya pompa tangan udah gak ada waduh alamat gak mandi n gak bisa ciuci baju

  20. nirwan berkata:

    2011/2012 kalo kiamat kayaknya belom tuh…, tapi klo CHAOS mungkin !! , jadi thn 2012 makan bakso tanpa chaos gak enak!! tergantung salero.

    Siap2 dari kmungkinan terburuk itu lebih baik, tp jangan parno! karena itu mah tukang baso!

    Nirwan, bukan mahasiswa fisika!!

  21. dwi purbo berkata:

    ok nih

  22. julius beckham berkata:

    huuu……. seram. bisa dunia ini kiamat

  23. Weike Alen Phinjaya berkata:

    berarti, kita harus kembali menjadi manusia dulu, hidup tanpa listrik…
    berkomunikasi lewat surat post…
    jadi harus kirim2an surat
    hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s