Stop Blog Piracy!!

Pembajakan sudah menjadi hal yang sering menyusahkan masyarakat saat ini. karena biasanya, barang yang dibajak tidak mempunyai ijin dari pemilik aslinya.

Misalnya saja, pembajak kaset pasti tidak minta ijin kepada studio rekaman untuk mengopy karya mereka, pembajak CD ataupun DVD pasti tidak punya surat persetujuan dari pemilik karya asli, dan masih banyak kasus-kasus pembajakan di Indonesia.

Mari bicara soal blog (dalam hal ini WordPress). Apakah blog aman dari pembajakan? Tunggu dulu, blog tidak semudah itu aman dari pembajakan. Contohnya saja si wadehel yang mengatakan bahwa blognya dibajak oleh “kembarannya” yang bernama wadehello. Hal ini tentu saja membuat pemilik blog asli resah dan marah, karena si pelaku seenaknya saja main copy-paste ke blognya sendiri.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya? Memang tidak mudah mengetahui kalau orang itu membajak secara langsung (posting sendiri) atau sekedar di-track back. Akan tetapi bagaimana dengan blog stats yang hampir sama, sidebar yang sama, dan komen yang sama? Apakah perlu dilaporkan kepada WP pusat?

Memang bagi blogger lain, pembajakan di blog bisa menambah traffic yang datang ke blognya. Akan tetapi, di lain pihak hal tersebut merugikan pemilik blog asli yang merasa hasil karyanya tidak dihargai.

Saya merasa prihatin kepada kondisi di Indonesia. Sebenarnya, orang Indonesia punya otak yang sangat cerdas. Terbukti dari banyaknya pelajar Indonesia yang berhasil menjuarai Olimpiade tingkat internasional. Mengalahkan murid dari Amerika, Inggris, Perancis, dan negara-negara lain yang sudah maju dan canggih. Akan tetapi kenapa? Kenapa kecerdasan itu digunakan untuk hal yang merugikan orang lain?

Lihat saja, orang Indonesia sudah bisa membuat virus menyebalkan bernama blue fantasy yang bahkan belum bisa diatasi oleh Norton maupun McAfee yang notabene anti-virus kelas dunia. Saya pun pernah menjadi korban virus ini. Beruntung saya menggunakan Norman AV yang mampu mendeteksi virus tersebut, akan tetapi penghapusannya harus dengan cara manual.

Kembali ke topik, karena itu, biasakanlah kita selalu berusaha lebih dulu sebelum meminta bantuan. Biar bagaimanapun hasilnya, itu

tetap merupakan hasil jerih payah kita, kerja keras kita, dan menjadi kebanggan kita. Piracy is A Crime. Respect Yourself, respect others.

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di My Interest, My Thoughts. Tandai permalink.

4 Balasan ke Stop Blog Piracy!!

  1. antobilang berkata:

    Pandu, kayaknya itu bener2 iseng deh…
    btw, aku kan dapet pingback dari si wadehello…so aku udah lacak siapa pembuatnya, moga2 hasil pelacakanku ga salah..
    orang wordpress juga sih…hahahahah…..

  2. Ping balik: w a d e h e l - b a j a k a n !

  3. Evy berkata:

    Wah Ppandu ini cerdas banget yaaa.. masih kecil udahngerti macem2, yang bajak juga cerdas banget ya tapi rada2 krg kerjaan gitu, lha ngapain repot2 klo 34 jam kemudian di hapus, anto juga cerdas tuh bisa tahu yg bajak, sekolah di mana anto? hihihihi…

  4. p4ndu_454kura berkata:

    @ antobilang
    Orang dalam WP ato pengguna WP?
    @ Bu Evy
    Lho, ibu punya blog baru rupanya…:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s