Jatah Liga Champions

Selama ini, klub yang berhak mengikuti Liga Champions apabila memiliki peringkat 4 besar klasemen akhir musim liga di negara masing-masing. Akibatnya, kompetisi domestik seperti FA Cup (Inggris), Copa del Rey (Spanyol), Coppa Italia (Italia), dan masih banyak lagi. Bagi klub2 besar di negara masing-masing, kompetisi itu dianggap sebagai kompetisi level dua. Hal seperti itulah yang membuat pengurus klub lebih memilih menyimpan sejumlah pemain inti untuk bersaing di kancah liga. Hal ini tentu menimbulkan keprihatinan mendalam dari UEFA.

Mereka tidak ingin kompetisi tadi hanya dijadikan hiburan ditengah padatnya jadwal liga divisi utama dan kompetisi tingkat Eropa lainnya. Oleh karena itu, organisasi tertinggi sepak bola Eropa mulai merumuskan kemungkinan juara kompetisi yang terasingkan itu untuk mengikuti Liga Champions. Sekedar catatan, selama ini klub juara kompetisi lokal hanya berhak untuk otomatis tampil di Piala UEFA, kompetisi kelas dua antar klub di Eropa.

Hal ini juga pernah dicetuskan presiden baru UEFA asal Perancis, Michel Platini, agar lebih banyak negara yang dapat mengikuti Liga Champions, sekaligus mengurangi jatah negara besar dalam kompetisi antar klub terbesar di Eropa tersebut. Contohnya Inggris, Italia, dan Spanyol yang selama ini mengirimkan 4 perwakilan akan dikurangi satu yang akan dibagikan secara merata pada negara yang lebih sedikit jatahnya di belahan Eropa lainnya. Hal ini dimaksudkan agar mereka mendapat kemudahan akses menuju babak utama.

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di Sepak Bola, UEFA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s