Temuan Peta yang Merubah Sejarah

Selama ini, kita semua berpendapat bahwa orang pertama yang sampai ke Benua Australia adalah James Cook, seorang pelaut berkebangsaan Inggris. Beliau mendarat di Botani Bay yang saat ini bernama Sydney Harbour pada tahun 1770. Akan tetapi di Perpustakaan Los Angeles, Amerika Serikat, ditemukan sebuah potongan peta kuno abad ke-16. Potongan peta itu mengubah persepsi orang tentang penemu Australia.

Menurut peta itu, orang pertama yang sampai di Australia adalah (lagi-lagi) pelaut asal Portugal, Christopher de Mendonca. Sama seperti James Cook, Mendonca juga mendarat di Botani Bay. Namun perbedaannya adalah Mendonca sampai tahun 1522, atau 178 tahun lebih dulu daripada James Cook.

Kalau menurutku sih, “penemu” pertama Australia adalah kakeknya kakek buyut kakek dari orang Aborigin. Ga tahu kalo orang Aborigin itu pendatang juga😛

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Pos ini dipublikasikan di Internasional. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Temuan Peta yang Merubah Sejarah

  1. Titah berkata:

    Istilah “orang pertama” atau “penemu pertama” sebuah benua, sebuah negara, atau sebuah pulau, menurutku cuman arogansi orang Eropa, seolah begitu hebatnya mereka bisa menemukan sesuatu. Seolah ada kesan, “Andai tak kutemukan, (Amerika dan) Australia itu nggak bisa seperti sekarang. Nggak jadi apa-apa. Bukan apa-apa.” Mungkin lebih fair kalau mereka disebut “pendatang pertama” ‘kali yaaa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s