Membandingkan Istana Baru DPR

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, atau disingkat DPR-RI berencana untuk membangun sebuah gedung baru setinggi 36 lantai. Gedung ini rencananya berada satu komplek dengan gedung yang sedang digunakan saat ini dan isunya menelan dana sebesar kurang lebih 1 trilyun rupiah. Hingga saat ini, ada banyak kontroversi terkait dengan gedung baru tersebut. Namun, sehebat apakah gedung baru tersebut dibandingkan dengan gedung pemerintah dari negara lain? Cekidot. :D

1. The Union Building, Pretoria, Afrika Selatan.

Bangunan ini dibangun menggunakan gaya monumental Inggris dari batu pasir. Berbentuk setengah bulat dengan dua sayap di kedua sisi untuk mewakili bangsa yang pernah terpecah dulu. Bangunan yang saat ini digunakan sebagai kediaman presiden Afrika Selatan ini memiliki kebun mengesankan di belakang. Lonceng jam di gedung ini identik dengan lonceng yang ada pada Big Ben, London. Patung di depan gedung adalah Mercury, sang utusan dari Roma. Arsitek gedung ini adalah Sir Herbert Baker, dan bangunan ini merupakan karyanya yang paling mengagumkan.

2. The Canadian Parliament Building, Ottawa, Kanada


Salah satu gedung pemerintahan paling indah di dunia. Di luar gedung kita bisa melihat pemandangan pergantian petugas jaga pada suatu pagi di musim panas. Bangunan yang didirikan di atas Bukit Parlemen (Parliament Hill) ini didesain oleh sejumlah arsitek yang dipilih melalui kontes. Tim yang terdiri dari Thomas Fuller dan Chilion Jones menggunakan nama samaran Semper Paratus memenangkan hadiah untuk kategori pertama dengan desain Victorian High Gothic mereka. Sebuah desain formal, berbentuk segi empat simetris di bagian depan, dan sebuah tebing yang mengarah ke Sungai Ottawa di bagian belakang gedung.

3. Presidential Palace, Buenos Aires, Argentina

Dikenal juga dengan nama Pink House karena cat berwarna pink yang digunakan. Rumah ini terkenal karena balkonnya, tempat dimana Eva Peron menyapa kerumunan penggemarnya ketika dia menjadi first lady Argentina. Rumah ini telah diresmikan menjadi Istana Presiden Argentina sejak tahun 1868. Konon warna pink bangunan ini diperoleh dari darah sapi yang digunakan sebagai pewarna.

4. The Lithuanian Presidential Palace, Lithuania

Istana ini dibangun pada abad ke-14, dan menjadi tempat kediaman resmi presiden sejak tahun 1997. Selama bertahun-tahun, bangunan ini telah menjalani sejumlah renovasi dan telah digunakan untuk bermacam-macam tujuan.

5. Elysee Palace, Paris, Perancis

Dibangun menggunakan desain Perancis klasik. Bangunan ini merupakan tempat tinggal resmi presiden Perancis yang terdiri dari tempat tinggal sekaligus kantor presiden. Istana ini diselesaikan pada tahun 1722, tapi belum digunakan menjadi tempat tinggal resmi presiden hingga tahun 1873. Sekarang, bangunan ini ditempati oleh Presiden Perancis Nicholas Sarkozy dan istrinya.

6. Gedung DPR, Indonesia [Konsep]

Sebuah gedung mewah setinggi 36 lantai dan menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 1.6 trilyun. Konsep gedung ini hampir mirip dengan Arc de Triomphe di Paris. Bangunan yang diarsiteki oleh Soejoedi ini menurut sejumlah sumber merupakan rekomendasi tim peningkatan kerja anggota dewan. Memiliki berbagai macam fasilitas seperti ruang kerja anggota, ruang staf ahli dan asisten pribadi, ruang rapat kecil, kamar istirahat, KM/WC dan ruang tamu. Selain itu ada juga fasilitas kebugaran/fitness center, spa, apotek, kolam renang, toko (mini market).

Jika dilihat sekilas, gedung DPR Indonesia jelas tampak lebih superior dan megah dibandingkan dengan gedung-gedung dari negara lain yang mayoritas hanya sampai 3 lantai (menara jam Gedung Parlemen Kanada tidak dihitung). Belum lagi ditambah berbagai fasilitas, gedung ini lebih layak disebut sebagai sebuah hotel bintang lima. Namun apakah kinerja mereka yang ada di dalamnya juga lebih superior dibandingkan orang-orang mereka yang bekerja di gedung yang ‘sederhana’? Hanya masyarakat yang berhak menilai. :mrgreen:

About these ads

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Tulisan ini dipublikasikan di My Interest dan tag , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Membandingkan Istana Baru DPR

  1. NobodyKnowsMe。 berkata:

    wow. Warna pinknya dari darah sapi. Tapi konooon…

    Mikirin petinggi-petinggi indonesia bikin pusing. Pasrah ae. Wkwkwkwk..

    Berlebih-lebihan iku duso rek. Sbg negara islam yg besar mosok ga eruh.

    Wes ah, nggak doyan ngomongno politik :mrgreen: takut salah omong

  2. Nah itu, apa kira-kira perlu dikasih pencerahan lagi ya?

  3. TamaGO berkata:

    tentu saja kinerjanya bakal berubah, nggak tidur lagi klo ada sidang tapi bisa ngacir ke fitness centre atau berenang. trus itu ruangan gede tempat rapat nggak dijadiin karaoke sekalian ta? kan micnya udah tersedia tinggal nambah koleksi lagu sama fasilitas scoring aja kok, ambil aja dana APBN atau naikin pajaknya, rakyat Indonesia udah biasa hidup susah kok

  4. Fahmi berkata:

    wah,,jadi dibangun ya…? lha bukanya ada wacana pemindahan ibu kota? ntar persuma dung klo udah dibangun,ibukota nya pindah…..

  5. Faye berkata:

    kantor kok pake spa, fitness center, apotek, sama kolam renang, itu mau kerja apa mau berlibur (doh)

    *nyari-nyari tombol like buat komennya Om Tama di atas*

  6. aini berkata:

    g’ usah berlebihan lha

  7. Memang bangsa kita sedang haus akan figur peimpin yang bisa diandalkan… Oleh karena itu mari kita bersama menciptakan lingkungan yang dapat menghasilkan figur pemimpin yang ideal kedepannya… Semangat!!!!

  8. Fahmi berkata:

    hai sahabat,,
    silahkan ambil dan dapatkan award Truly Blogger from Indonesia di http://thewavemaker.wordpress.com/2010/09/25/award-truly-blogger-from-indonesia/

    cheerss…

  9. Yoyon Ugang sayu berkata:

    salam kenal,,link blognya udah saya tancapkankan ke dlm blogku dengan nama p4ndu3121990.
    cari di link sahabatnya ya,
    link balik juga ya,,blogku

    http://yoyon12.wordpress.com

  10. achmadpramono berkata:

    hai pandu..blogmu rame ndu :D

  11. Anas berkata:

    Ndu, piye kabare??
    Wah, sido dibangun ta?? mudah-mudahan kisah gedung WTC tidak terjadi di gedung DPR kita. hehehe

  12. liek berkata:

    trus gedung yang lama diapain? sini sini di hibahkan ke aq ja, tak gae kost-kost an…

  13. konsep yang masih sekedar konsep itu :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s