Perang Storage Media ala Verbatim

Pernah mendengar kata Verbatim?  Bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer pasti sudah sering mendengarnya. Sekedar info singkat, Verbatim merupakan perusahaan Amerika yang menjadi anak perusahaan Mitsubishi, Jepang, yang didirikan pada tahun 1969. Sebuah perusahaan yang merancang dan memproduksi media penyimpanan seperti flashdisk, CD, DVD, Blu Ray, disket, dan Hard Drive. Jika Anda pernah pergi ke toko komputer atau mampir ke supermarket, Anda pasti pernah melihat merk Verbatim di tumpukan alat-alat dan asesoris komputer.

Belakangan ini, saya baru tahu kalau Verbatim mempunyai sebuah fitur tambahan di situsnya, yaitu Verbatim Championship. Ini bukan perlombaan membuat desain media penyimpanan yang futuristik atau kontes IT lainnya. Verbatim Championship disini merupakan pertarungan antar media penyimpanan yang telah didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai monster yang bisa kita gunakan untuk bertarung.

Jika Anda familiar dengan game Monster Rancher di PlayStation, Anda pasti sedikit banyak mengerti tentang konsep game ini. Awalnya, pemain diminta memilih 4 jenis media penyimpanan dari yang ditawarkan untuk dibuat menjadi sebuah monster media.

Memilih media

Lalu, kita memilih variasi bentuk monster yang kita inginkan. Apakah kita ingin yang seperti berkaki banyak laba-laba, tegak, besar, kecil, dan sebagainya.

Kemudian, kita akan diminta untuk memberi nama kepada sang monster yang telah terlahir. Perlu diingat bahwa monster ini hanya akan muncul di komputer yang kita pakai saja. Monster ini tidak akan muncul pada komputer lain, jadi kalau ingin melanjutkan permainan sebaiknya gunakannlah komputer yang sama. Selain itu, pemain juga bisa membuat lebih dari satu monster kalau mau.

Setelah membuat monster, kita akan diberi poin awal sebagai atribut sang monster, seperti power (kekuatan serang), defence (pertahanan), speed (kecepatan), dan vitality (atau di beberapa tempat disebut HP). Model dan ukuran monster sama sekali tidak akan berpengaruh pada nilai awal atribut monster, jadi jangan khawatir. Meskipun menurut saya lebih baik memilih monster yang good looking supaya lebih terlihat keren.


Mulai dari sini, kita bisa mulai pertarungan monster. Jika kita memilih Random Match, maka kita akan dipilihkan monster acak sebagai lawan tanding kita. Jika kita memilih Search from the Ranking, maka kita dapat memilih monster mana yang akan kita jadikan lawan tanding berdasarkan peringkat monster lain. Meskipun berdasarkan peringkat, namun kita juga bisa mengalahkannya dengan kekuatan monster kita.

Namun, jika kita memilih menu ketiga, Challenge the Final Monster, kita dapat memilih monster-monster pilihan Verbatim, termasuk monster The Verbatim.

Now, let’s the duel begin!

Dalam pertarungan, monster secara otomatis melakukan berbagai manuver untuk menyerang, mengelak, dan aksi menarik lainnya. Ada yang melakukan serangan jab

pukulan satu-dua

serangan berputar, dorongan

dan juga melompat untuk menyerang dari atas.

Kita juga diberi tiga menu tambahan: bash (tombol kiri, serangan kuat), ditandai dengan membesarnya salah satu lengan monster. Serangan ini merupakan serangan favorit saya karena kalau kena bisa mengurangi HP lawan hingga separuh. :mrgreen:

heal (tombol tengah, untuk penyembuhan), berguna untuk saat kritis.

dan missile (tombol kanan, serangan jarak jauh).

Ketika kita telah memenangkan sebuah pertarungan, maka kita akan menerima bonus kapasitas dan atribut, serta kenaikan peringkat. Bonus atribut yang kita terima tidak akan berubah, namun bonus kapasitas bervariasi sesuai monster yang kita kalahkan. Biasanya, kalau kita menggunakan random match, kita akan mendapatkan monster yang lebih mudah tapi bonus kapasitas yang diberikan hanya berkisar antara 15 – 30 GB. Jika kita memilih monster lewat peringkat, memang lebih sulit, namun bonus kapasitas yang diberikan juga bagus, hingga 5000 GB atau setara dengan 5 TB (Terrabyte). Namun jika kalah, kita masih menerima bonus, namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Terkadang, ketika kita memilih bertarung menggunakan random match, kita akan bertemu monster yang super besar atau monster yang melayang, seperti yang saya temui di bawah (lihat saja perbandingan monster saya yang hanya seukuran kaki lawan). Hanya ada satu yang bisa saya sarankan jika hal tersebut terjadi: reload halamannya. Karena tidak mungkin serangan monster kita akan mengenainya. :p

Oke, sekarang saatnya saya sedikit narsis. Ini adalah koleksi monster saya. :mrgreen:

Dan inilah monster terkuat saya: KW1 :cool:

Sebuah monster yang cukup elegan kalo boleh saya bilang. Dengan postur yang cukup tegap membuat KW1 tampil luar biasa, dan keempat “sayap” berwarna hijau cerah menambah kesan elegan monster ini.

About these ads

Tentang Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
Tulisan ini dipublikasikan di My Interest, Review dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Perang Storage Media ala Verbatim

  1. budiono berkata:

    hahaha itu merek disket guedheeeee jaman dulu…

  2. greengrinn berkata:

    saya pernah dengar, tapi gak tau detail. oh yeah, verbatim dalam pers berarti : transkrip wawancara. Semua yang direkam sewaktu wawancara, ditulis sedetail-detailnya, dan jadilah verbatim :lol:

  3. Faye berkata:

    wooo, saya pernah mainin ini dulu, lucu liat bentuk-bentuk monsternya
    dan, ya, bener banget, kalau ketemu monster yang lebih kuat, mendingan reload halaman aja =))

  4. b43r berkata:

    Klo inget verbatim jadi inget disket jaman smp dulu hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s